PELAKSANAAN PENGAWASAN UPT PARKIR DINAS PERHUBUNGAN TERHADAP JURU PARKIR DI TEPI JALAN UMUM KOTA BANDUNG (Studi Kasus Jalan Braga dan Jalan ABC Kota Bandung)

HADEANI, AJENG (2023) PELAKSANAAN PENGAWASAN UPT PARKIR DINAS PERHUBUNGAN TERHADAP JURU PARKIR DI TEPI JALAN UMUM KOTA BANDUNG (Studi Kasus Jalan Braga dan Jalan ABC Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Skripsi Ajeng Hadeani- Kata Pengantar.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Skripsi Ajeng Hadeani- Cover.pdf

Download (40kB)
[img] Text
Skripsi Ajeng Hadeani- Bab II.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Skripsi Ajeng Hadeani- Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Skripsi Ajeng Hadeani- Daftar Isi.pdf

Download (66kB)
[img] Text
Skripsi Ajeng Hadeani- Bab I.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Skripsi Ajeng Hadeani- Lembar Pengesahan.pdf

Download (5kB)
[img] Text
Skripsi Ajeng Hadeani- Abstrak.pdf

Download (34kB)

Abstract

Pelayanan parkir pada tepi jalan umum di Kota Bandung terbagi atas 3 area, yaitu pusat, penyangga dan pinggiran. Setiap area parkir pada tepi jalan umum ini terdapat juru parkir sebagai penjaga keamanan dan ketertiban di fasilitas parkir yang bertugas menata dan mengatur kendaraan serta sebagai penarik retribusi parkir dari pengguna jasa parkir. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat penyimpangan-penyimpangan yang terjadi, untuk itu diperlukannya pengawasan dari UPT Parkir Dinas Perhubungan Kota Bandung sebagai instansi yang mengelola perparkiran di Kota Bandung. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis serta mendeskripsikan pelaksanaan pengawasan oleh UPT Parkir Dinas Perhubungan Kota Bandung terhadap juru parkir di tepi jalan umum Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan studi kasus (case study) dan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Observasi dilakukan dengan mengamati dan melihat langsung objek penelitian. Kemudian wawancara dilakukan secara mendalam kepada setiap informan yang akan menjadi bahan referensi sumber data penelitian. Dan dokumentasi dilakukan dengan pengumpulan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen yang berhubungan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pengawasan oleh UPT Parkir Dinas Perhubungan Kota Bandung yang dikaji dengan Teori Pengawasan dengan 4 indikator pengawasan, yaitu penetapan standar pengawasan, pengukuran kinerja, membandingkan kinerja aktual dan standar dan koreksi penyimpangan, belum terlaksana dengan baik. Sebelum menjalankan pelaksanaan pengawasan terhadap juru parkir di lapangan diperlukan adanya pembenahan pada petugas pengawasan dari UPT Parkir Dinas Perhubungan Kota Bandung untuk pelaksanaan pengawasan kedepan yang lebih baik dan berjalan sesuai tujuan yang sudah ditetapkan. Kata Kunci : Pelaksanaan Pengawasan, Parkir, Juru Parkir

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:31
Last Modified: 24 Apr 2024 04:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68900

Actions (login required)

View Item View Item