Haifa, Nissa Afra (2023) PELAYANAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA ANGKASA LANUD HUSEIN SASTRA NEGARA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak 3bahasa.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
kata pengantar.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (111kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan permasalahan siswa yang kurang kepercayaan diri di SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek penelitian merupakan 4 peserta didik SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung, 2 orang Guru Bimbingan dan Konseling, 2 Wali Kelas serta 1 Wakasesk Humas. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriftif kualitatif. Penelitian ini memiliki hubungan dengan konsep kesejahteraan sosial, konsep layanan konseling, serta konsep meningkatkan kepercayaan diri siswa. Kegiatan pembelajaran layanan konseling peserta didik SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung merupakan kegiataan pembelajaran secara individual, klasik, maupun kelompok. Layanan konseling ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Dalam layanan ini, siswa dapat mengambil bagian dalam konseling individu, sesi kelompok, dan juga klasik. Hal ini membantu mereka merasa lebih percaya diri dalam menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan mereka. Selain itu, Guru BK juga memberikan dukungan motivasional dan edukasi tentang pentingnya mencintai dirinya sendiri yang dapat membantu siswa mengatasi ketidakpercayaan diri yang mungkin timbul akibat pengalaman negatif. Layanan ini bertujuan untuk membantu siswa membangun keyakinan dalam kemampuan mereka dan menjadi lebih berdaya dalam menghadapi tantangan. Penelitian menunjukan bahwa bentuk sikap kurangnya kepercayaan diri pada siswa menghasilkan kurangnya kepedulian orang tua terhadap diri siswa, lingkungan siswa yang tidak sehat, dan membandingkan diri siswa terhadap orang lain. Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Pelayanan Konseling, Guru BK
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 01:52 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 01:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68863 |
Actions (login required)
View Item |