The Influence of Work Morale and Employee Motivation on Employee Performance at the Bandung City Regional Revenue Agency

Sumantri, Asep and Harits, Benyamin and Turmudzi, Didi (2024) The Influence of Work Morale and Employee Motivation on Employee Performance at the Bandung City Regional Revenue Agency. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LoA_ATENEA_Asep Sumantri.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari permasalahan pokok tentang rendahnya Kinerja Pegawai di Badan Pendapatan Daerah Kota Bandung. Penyebab masalah tersebut diduga belum dijalankannya Semangat Kerja Pegawai dan Motivasi Pegwai terhadap Kinerja Pegawai di Badan Pendapatan Daerah Kota Bandung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh Semangat Kerja Pegawai dan Motivasi Pegawai terhadap Kinerja Pegawai. Pendekatan dalam penelitian ini mengacu pada konteks teori Semangat Kerja Pegawai dan Motivasi Pegawai serta Kinerja Pegawai sebagai bagian dari lingkup Ilmu Administrasi Publik. Metode penelitian yang digunakan explanatory survey dengan Teknik Analisis Structural Equation Modeling (SEM), sedangkan populasinya adalah pegawai Badan Pendapatan Daerah Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel Semangat Kerja Pegawai (X1) yang terdiri dari: faktor Kebanggan pegawai kan pekerjaannya dan kepuasannya dalam menjalankan pekerjaan dengan baik, faktor Sikap pegawai terhadap pimpinan, faktor Hasrat pegawai untuk maju, faktor Perasaan pegawai telah diperlakukan dengan baik, faktor Kemampuan pegawai untuk bergaul dengan kawan sekerjanya dan faktor Kesadaran pegawai akan tanggungjawabnya terhadap pekerjaannya berpengaruh positif sebesar 0,30 dan signifikan sebesar 6,20 terhadap Kinerja Pegawai (Y). Selanjutnya secara parsial variabel Motivasi Pegawai (X2) yang terdiri dari: tingkat Kebutuhan eksistensi, tingkat Kebutuhan sosial, tingkat Kebutuhan pencapaian, tingkat Kebutuhan pengakuan, tingkat Kebutuhan pertumbuhan serta tingkat Kebutuhan kekuasaan berpengaruh positif sebesar 0,83 dan signifikan sebesar 8,29 terhadap Kinerja Pegawai (Y). Secara simultan Semangat Kerja Pegawai (X1) dan Motivasi Pegawai (X2) mampu menjelaskan Kinerja Pegawai (Y) pada Badan Pendapatan Daerah Kota Bandung sebesar 71%, sedangkan epsilonnya sebesar 29%. Hasil studi menunjukkan perlunya dilakukan penelitian lebih lanjut tentang optimalisasi peningkatan pengaruh Semangat Kerja Pegawai dan Motivasi Pegawai terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Pendapatan Daerah Kota Bandung, dilihat dari perspektif Admnistrasi Publik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya variabel lain yang berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Pendapatan Daerah Kota Bandung. Kata kunci: semangat kerja pegawai, motivasi pegawai, kinerja pegawai, structural equation modeling.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 20 Apr 2024 03:23
Last Modified: 20 Apr 2024 03:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68830

Actions (login required)

View Item View Item