PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR (Metode Penelitian Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV)

Sumirat Lilih, 195060111 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR (Metode Penelitian Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (533kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (902kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (628kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (472kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (879kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Pertiwi Bandung. Hal ini dikarenakan masih kurang dalam menggunakan model pembelajaran serta belum sepenuhnya guru dapat menguasai teknologi yang bisa digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga pembelajaran yang dilaksanakan masih monoton dan pembelajaran di kelas juga masih berpusat pada guru atau teacher centered. Hal ini memberikan dampak siswa kurang bersemangat dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, dikarenakan kurang adanya model pembelajaran yang inovatif yang dapat diterapkan. Permasalahan tersebut berdampak juga terhadap motivasi siswa dan mengakibatkan kurang meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Peneliti memfokuskan penelitian mengenai penggunaan model Contextual Teaching and Learning dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD Pertiwi Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan posttest yang dijadikan sebagai data hasil belajar. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Teaching and Learning dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji descriptive, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis Independent sample t-test, dan Effect Size yang dibantu dengan software IBM SPSS Statistic 23. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan menggunakan uji T dengan nilai 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Pertiwi Bandung sebesar 1.903 yang berkategori efek kuat. Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Apr 2024 06:45
Last Modified: 05 Apr 2024 06:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68726

Actions (login required)

View Item View Item