PENGARUH PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN EKONOMI (Survey Pada Peserta Didik kelas XII IPS SMA Negeri 1 Klari Karawang T.A 2022/2023 Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa)

WARDI PUTRI DEWI RACHMA, 185020080 (2024) PENGARUH PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN EKONOMI (Survey Pada Peserta Didik kelas XII IPS SMA Negeri 1 Klari Karawang T.A 2022/2023 Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (12kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (564kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (506kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (363kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran ekonomi pada peserta didik kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Klari Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan jumlah populasi 85 peserta didik. Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran ekonomi digunakan analisis regresi linier sederhana. Adapun hasil penelitian tersebut sebagai berikut: (i) pengaruh pemanfaatan literasi digital peserta didik kelas XII IPS SMA Negeri 1 Klari Karawang dilakukan dengan baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil olah data yang dilakukan, hasil menunjukan bahwa skor rata-rata yaitu sebesar 77,5 yang artinya pada kategori baik. (ii) kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Klari Karawang menunjukan hasil yang baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil olah data yang dilakukan, hasil menunjukan bahwa skor rata-rata sebesar 71,7 yang artinya ada pada kategori baik. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukan hasil bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Dengan nilai R² adalah sebesar 0,372 yang dapat dikatakan bahwa pengaruh pemanfaatan literasi digital memiliki kontribusi sebesar 37,2% terhadap Kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XII IPS SMA Negeri 1 Klari Karawang. Kata Kunci: Literasi Digital, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Apr 2024 03:59
Last Modified: 05 Apr 2024 03:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68725

Actions (login required)

View Item View Item