TRANSFORMASI SASTRA DARI BIOGRAFI SEABAD ISMAIL MARZUKI: SENANDUNG MELINTAS ZAMAN KARYA NINOK LEKSONO KE DALAM DRAMA MUSIKAL PAYUNG FANTASI KARYA GARIN NUGROHO SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DRAMA DI KELAS XI SMA KURIKULUM MERDEKA

HAKIM LUKMAN, 195030078 (2024) TRANSFORMASI SASTRA DARI BIOGRAFI SEABAD ISMAIL MARZUKI: SENANDUNG MELINTAS ZAMAN KARYA NINOK LEKSONO KE DALAM DRAMA MUSIKAL PAYUNG FANTASI KARYA GARIN NUGROHO SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DRAMA DI KELAS XI SMA KURIKULUM MERDEKA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (216kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi Lukman.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Abstrak-Abstrac-Ringkesan.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB I Skripsi.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB II Skripsi.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB III Skripsii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (448kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Transformasi sastra merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperkaya bentuk sastra agar terus berkembang tanpa meninggalkan esensi dari bentuk awal. Selain itu, kegiatan penyaduran terhadap karya sastra dapat dijadikan acuan materi ajar bagi peserta didik dan pendidik dalam proses pembelajaran untuk menumbuhkan kreativitas sastra di sekolah. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memaparkan proses transformasi sastra dari biografi Seabad Ismail Marzuki: Senandung Melintas Zaman karya Ninok Leksono ke dalam drama musikal Payung Fantasi karya Garin Nugroho dan pemanfaatannya sebagai alternatif bahan ajar drama di SMA kelas XI kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penulis mengumpulkan data dengan cara observasi terhadap sumber data yang dikaji, yaitu buku biografi dan drama musikal terkait. Selain itu, penulis melakukan uji validasi terhadap bahan ajar yang telah disusun berdasarkan hasil penelitian. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: pertama, bentuk transformasi yang ditemukan sebanyak 7 bentuk yang terdiri dari pengurangan, penambahan, kombinasi, perubahan fungsi, perubahan bervariasi, pembaharuan topik, dan perubahan skala. Kedua, terdapat indikator yang jelas sebagai penanda adanya bentuk transformasi sastra. Ketiga, musik yang digunakan dalam drama musikal memiliki keselarasan dengan 21 tema yang ada di dalam buku biografi. Keempat, berdasarkan hasil validasi dari 2 validator terhadap Modul Ajar dan LKPD yang telah disusun, maka Modul Ajar dan LKPD dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar di SMA. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan, bahwa buku biografi SIMSMZ dan drama musikal PF dapat dijadikan alternatif bahan ajar di SMA tepatnya di kelas XI. Kata kunci: transformasi sastra, drama, biografi, bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Apr 2024 02:19
Last Modified: 05 Apr 2024 02:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68722

Actions (login required)

View Item View Item