PENGARUH CONTENT MARKETING DAN E-WOM DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MANA SOCIAL CAFE JALAN BUAH BATU KOTA BANDUNG

Salifia, Hilwa Faraz (2024) PENGARUH CONTENT MARKETING DAN E-WOM DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MANA SOCIAL CAFE JALAN BUAH BATU KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (260kB)
[img] Text
1. Cover.pdf

Download (141kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (265kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (641kB)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (278kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (188kB)
[img] Text
13. BAB 2.pdf

Download (377kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (214kB)

Abstract

ManA Social Café merupakan perusahaan bisnis kuliner di Kota Bandung. ManA Social Café adalah salah satu coffee shop terkenal dikalangan anak muda. Coffee shop ini memiliki 2 outlet di Bandung yaitu pada Jalan Cibengang dan Jalan Buah Batu. ManA Social Café pertama kali berdiri di tahun 2019 dengan mengusung konsep desain interior minimalis & cozy. ManA Social Café memanfaatkan Instagram sebagai media untuk melakukan promosi produknya. Pada ManA Social Café Jalan Buah Batu ditemukan beberapa masalah yang diantaranya ialah konten belum bisa memenuhi ekspetasi karena konten tidak sesuai dengan kebutuhan konsumen, kurangnya ulasan yang ditulis konsumen mengenai ManA Social Café Jalan Buah Batu dan konsumen tidak menjadikan ManA Social Cafe Jalan Buah Batu sebagai pilihan utama untuk dikunjungi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh content marketing dan E-WOM di media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian di ManA Social Cafe Jalan Buah Batu Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah berkunjung dan pernah melakukan pembelian di ManA Social Café Jalan Buah Batu di Kota Bandung sebanyak 150 orang setiap harinya. Sampel sebanyak 60 orang diambil dengan teknik purposive sampling yang dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan ialah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Content Marketing di ManA Social Café berada digolongan baik dengan skor 1.938. Selain itu, pelaksanaan Electronic Word of Mouth (E-WOM) juga berada digolongan baik dengan skor 1.597. Serta pelaksanaan Keputusan Pembelian berada digolongan baik dengan skor 2.144. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukan pengaruh Content Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian yang positif, dengan pengaruh sebesar 74,5% yang diberikan oleh Content Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian, dan 25,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Pelaksanaan Content Marketing, Electronic Word of Mouth dan Keputusan Pembelian sudah menunjukan kondisi yang baik, namun belum dilakukan secara optimal karena beberapa indikator belum terpenuhi dan perlu ditingkatkan. Saran yang dapat peneliti berikan adalah sebaiknya ManA Social Café Jalan Buah Batu memaksimalkan pelaksanaan Content Marketing khususnya pada indikator Sharing Motivation dengan cara memahami secara mendalam siapa target pasar utama. Selain itu, memaksimalkan pelaksanaan Electronic Word of Mouth khususnya pada indikator Intensity dan Valence of Opinion dengan cara melibatkan konsumen serta melakukan perluasan informasi pada platform media sosial lain seperti TikTok.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 05 Apr 2024 02:14
Last Modified: 05 Apr 2024 02:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68721

Actions (login required)

View Item View Item