SUNDAY MORNING RIDING DIKALANGAN FOTOGRAFER KOTA BANDUNG (Studi Deskriptif Kualitatif Kegiatan Sunday Morning Riding di Kalangan Fotografer Kota Bandung)

Rering, Sandra Dewi (2024) SUNDAY MORNING RIDING DIKALANGAN FOTOGRAFER KOTA BANDUNG (Studi Deskriptif Kualitatif Kegiatan Sunday Morning Riding di Kalangan Fotografer Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Fenomena Sunday Morning Riding di Kalangan Fotogarfer Kota Bandung (Studi Fenomenologi Kegiatan Sunday Morning Riding Dikalangan Fotografer Kota Bandung).” Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana motif, tindakan, dan makna sunmori dikalangan Fotografer Profesional Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi Alfred Schutz. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Informan penelitian berjumlah sepuluh orang dengan sembilan informan inti dan satu informan akademisi.Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif fotografer untuk menambah relasi pertemanan, membuka peluang rezeki, memenuhi kepuasan pribadi dengan memberikan hasil foto kepada pemotor, dan menaikan insight sosial media. Tindakan yang diperoleh setelah melakukan sunmori adalah mengedit foto dan membagikannya lewat instastory, setelah kegiatan tersebut fotografer banyak tawaran job untuk photoshoot, foto komunitas gabungan, endorsement, dan bintang tamu. Makna kegiatan Sunday morning riding menurut fotografer menambah relasi pertemanan, dampak positif mengenai pembelajaran bidang fotografi, dan ladang bisnis. Fotografer memaknai foto sebagai media yang dapat memberikan kesenangan bagi orang lain, karya yang bernilai dan karya yang mengandung unsur keindahan. Saran untuk kedepannya bagi para fotografer otomotif adalah membuat forum khusus sebagai media pertukaran informasi mengenai pengalaman, spot foto, dan jadwal sunmori yang akan datang, kemudian mengadakan lomba fotografi guna memberikan wadah bagi fotografer lain dalam meningkatkan kualitas foto, terakhir membuat kolom evaluasi mengenai hasil karya fotograger guna meningkatkan dan memotivasi hasil foto yang lebih baik. Kata Kunci: Fenomenologi, Fotografer, Sunday Morning Riding

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:42
Last Modified: 01 Apr 2024 02:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68585

Actions (login required)

View Item View Item