MANAJEMEN MEDIA SOSIAL PADA AKUN INSTAGRAM @URANGPURWAKARTA.ID (Studi Deskriptif Kualitatif Manajemen Media Sosial Pada Akun Instagram @Urangpurwakarta.Id Sebagai Media Promosi)

Oktaviana, Aulia Yakir (2024) MANAJEMEN MEDIA SOSIAL PADA AKUN INSTAGRAM @URANGPURWAKARTA.ID (Studi Deskriptif Kualitatif Manajemen Media Sosial Pada Akun Instagram @Urangpurwakarta.Id Sebagai Media Promosi). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “MANAJEMEN MEDIA SOSIAL PADA AKUN INSTAGRAM @URANGPURWAKARTA.ID”. Di era teknologi ini sosial media tidak bisa lepas dari kehidupan sosial masyarakat. Dengan adanya sosial media sangat dapat mempermudah seseorang dalam segala hal. Bahkan saat ini banyak yang menggunakan sosial media sebagai media promosi dan media informasi. Khusunya sosial media Instagram. Dengan ingin mengekspos dan membanggakan kabupaten Purwakarta mendorong terbentuknya akun Instagram @urangpurwakarta.id. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana manajemen media sosial yang dilakukan urangpurwakarta.id. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. teori yang digunakan adalah New Media dan konsep Manajamen Media Sosial yang dikemukakan oleh Friedrichsen and Wolfgang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari konsep manajemen media sosial yaitu define the value proposition yang menjelaskan bahwa urangpurwakarta.id memiliki prinsip yakni “Asih, Asah, Asuh”. Tahapan segmentation, targeting, and positioning menjelaskan bahwa segmentation pada akun tersebut adalah anak muda di Purwakarta, pada targeting yaitu mempromosikan pariwisata, kuliner, produk lokal serta membagikan informasi menarik tentang Purwakarta, untuk positioning akun urangpurwakarta.id dengan pengikut yang cukup banyak akun tersebut mampu menjadi inspirasi bagi masyarakat lokal dan menarik wisatawan. Oleh karena itu urangpurwakartra.id memiliki potensi sebagai akun yang efektif dalam menyajikan promosi dan informasi di Purwakarta. Pada tahap operations and delivery process menjelaskan bahwa urangpurwakarta.id memastikan konsistensi dengan Menyusun kalender konten, membuat konten berkelanjutan, dan menggunakan Bahasa yang santai, kekinian untuk menciptakan kedekatan dengan audiens. Dan yang terakhir yakni measurements and feedback yang menjelaskan bahwa urangpurwakarta.id selalu memperhatikan insight, menerima dan merespon feedback yang diberikan oleh pengikut. Kata kunci: Manajemen Media sosial, Sosial Media, Instagram, Urangpurwakarta.id

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:03
Last Modified: 28 Mar 2024 07:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68550

Actions (login required)

View Item View Item