DEA NURMALASARI, 115060265 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN CIPARAY VI PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) TENTANG KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (37kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
MOTTO.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI Resi.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
ABSTRAK FIX.docx Download (18kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH Almi.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (69kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (19kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx Restricted to Repository staff only Download (847kB) |
Abstract
Penelitian ini berisi tentang penggunaan model Problem Based Learning yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ciparay 6 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung pada pembelajaran IPS tentang Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya. Pembelajaran yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah pembelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada guru (teacher centered) tanpa melibatkan siswa sehingga tidak menarik minat dan motivasi siswa untuk belajar dan siswa menjadi kurang aktif dalam mengkuti proses pembelajaran. Model Problem Based Learning berguna untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus, secara keseluruhan telah menunjukkan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran.data yang diperoleh pada rencana pelaksanaan pembelajaran sikuls I 3.6, pada siklus II 3.9. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran siklus I 3.8, siklus II 3.9. Adapun hasil motivasi belajar siklus I 61.22%, siklus II 85,71%. Untuk hasil belajar siswa siklus I 69.38%, siklus II 87.75%. kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model Problem Based Learning sangat menunjang terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tentang Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di kelas IV SDN Ciparay 6 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Kata kunci: Model Problem Based Learning, motivasi dan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 13:57 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 13:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6835 |
Actions (login required)
View Item |