Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Meet Ditinjau dari Kemampuan Numerasi dan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri I Balongan

Pamungkas, Halim and Yaniawati, R. Poppy and Turmudzi, M. Didi (2024) Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Meet Ditinjau dari Kemampuan Numerasi dan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri I Balongan. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal Halim Pamungkas 218060015 MPM.docx

Download (199kB)
[img] Text
ABSTRAK TESIS HALIM PAMUNGKAS 218060015.docx

Download (17kB)

Abstract

Pada tahun 2019 kegiatan sekolah terhenti karena adanya pandemi COVID-19. Keadaan tersebut membuat pemerintah memberlakukan pembelajaran jarak jauh melalui daring. Salah satu media daring yang dapat digunakan secara gratis dan mampu diakses semua orang adalah Google Meet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran jarak jauh berbasis Google Meet ditinjau dari kemampuan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VII SMP Negeri I Balongan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran dengan desainnya yaitu quasi eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Balongan tahun pelajaran 2020/2021. Sampel penelitiannya yaitu siswa kelas VII E sebagai kelas kontrol (dengan pembelajaran konvensional) dan VII C sebagai kelas eksperimen (dengan pembelajaran jarak jauh berbasis Google Meet). Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest, angket kemampuan numerasi, angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran jarak jauh berbasis Google Meet dapat diterapkan dengan baik dengan beberapa tahapan pembelajaran yaitu membuat tautan untuk diakses siswa, melakukan pembelajaran dengan bantuan PPT, proses pembelajaran mengikuti tahapan-tahapan pembelajaran sesuai RPP yaitu terdapat tahap pendahuluan, kegiatan inti dan penutup, 2) Kemampuan numerasi pada kelas dengan pembelajaran jarak jauh berbasis Google Meet memiliki banyak siswa yang termasuk dalam kategori sangat tinggi setelah dilakukan pembelajaran dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional, 3) Pembelajaran jarak jauh berbasis Google Meet memiliki peningkatan motivasi belajar yang lebih baik karena nilai rata-rata persentase motivasi belajarnya tinggi yaitu sebesar 80,41%, 4) Pada kedua kelas, terdapat korelasi antara kemampuan numerasi dengan motivasi belajar siswa, dan termasuk kategori korelasi sedang. Kata kunci: Google Meet, kemampuan numerasi, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:24
Last Modified: 21 Mar 2024 06:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68292

Actions (login required)

View Item View Item