PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN APLIKASI PADLET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Metode Penelitian Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Restu Agung Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang Tahun Ajaran 2022/2023)

PUSPITAWATI DEVI, 195060011 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN APLIKASI PADLET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Metode Penelitian Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Restu Agung Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Hasil belajar merupakan aspek yang terpenting dalam pembelajaran, yaitu sebagai patokan hasil dari sebuah proses siswa mengikuti pembelajaran, namun dalam sebuah proses pembelajaran siswa masih banyak yang kurang aktif dalam proses pembelajaran berlangsung. Maka dari itu kegiatan pembelajaran perlu dikembangkan model pembelajaran yang lebih inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation bebantuan aplikasi Padlet dengan kelas yang belajarkan dengan model konvensional. Sampel penelitian siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Restu Agung dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Metode penelitian ini peneliti menggunakan penelitian tipe quasi-eksperimen, Pengumpulan data dilakukan pada pretest dan post-test dengan soal essai IPS, serta LKPD dan wawancara sebagai data pendukung. Hasil penelitian ini menunjukan pembelajaran model kooperatif tipe group investigation berbantu aplikasi padlet dengan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan hasil belajar memberikan pengaruh signifikan, dimana nilai sig. kedua kelompok lebih kecil dari 0.05 yaitu nilai sig. 0.00. Sedangkan berdasarkan hasil uji independent sampel t-test terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dari proses pembelajaran model kooperatif tipe group investigation berbantu aplikasi padlet dengan pembelajaran konvensional terhadap peningkatan hasil belajar. Kelompok model kooperatif tipe group investigation berbantu aplikasi padlet lebih baik dibandingkan dengan yang mengikuti program pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata gain kelompok eksperiment yaitu 27.5 point, sedangkan rata-rata gain kelompok eksperiment yaitu 21.1 point artinya perbedaan 6.4 lebih besar nilai kelompok eksperiment. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Kooperatif , Group Investigation, Padlet, Hasil Belajar, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 20 Mar 2024 07:40
Last Modified: 20 Mar 2024 07:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68270

Actions (login required)

View Item View Item