FENOMENA BERITA VIRAL DI MEDIA SOSIAL TWITTER (Studi Fenomenologi Mahasiswa Internship Campuspedia Pada Kasus Berita Viral di Media Sosial Twitter)

Nuraini, Adiyanti Afifah (2024) FENOMENA BERITA VIRAL DI MEDIA SOSIAL TWITTER (Studi Fenomenologi Mahasiswa Internship Campuspedia Pada Kasus Berita Viral di Media Sosial Twitter). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
4 Abstrak Adiyanti 356.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 BAB I Adiyanti 356.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 Daftar Pustaka Adiyanti 356.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 Cover Adiyanti 356.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Lembar Persetujuan Adiyanti 356.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 BAB II Adiyanti 356.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 Kata Pengantar Adiyanti 356.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Daftar Isi Adiyanti 356.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Di kehidupan yang modern saat ini masyarakat dengan mudahnya menemukan informasi dan berita viral di media sosial. Tanpa kita sadari fenomena ini tidak dapat dihindarkan. Fenomena yang muncul di media sosial menjadi sebuah bukti bahwa media sosial sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Melalui media sosial twitter sebuah informasi dapat degan cepat menjadi viral. Fenomena ini sering dimanfaatkan oleh beberapa pihak untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan. Dengan demikian, penelitian ini yang berjudul FENOMENA BERITA VIRAL DI MEDIA SOSIAL TWITTER (Studi Fenomenologi Mahasiswa Internship Campuspedia Pada Kasus Berita Viral di Media Sosial Twitter) akan berfokus kepada motif, tindakan dan makna mahasiswa internship campuspedia memviralkan berita ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teori Alfred Schutz. Penelitian ini juga menggunakan paradigma interpretif yang biasa digunakan untuk menemukan makna dan kebenaran pada suatu fenomena. Teknik pengumpulan data pada penelitin ini berupa studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapati bahwa motif yang dilakukan oleh mahasiswa internship campuspedia sebagai cara untuk menyelesaikan masalah yang dialaminya. Hal ini terjadi karena peserta magang campuspedia merasakan adanya modern slavery yang dilakukan oleh pihak campuspedia. Mahasiswa internship campuspedia ingin menyuarakan pengalaman magangnya yang tidak mendapatkan hak dan kewajibannya. Tindakan untuk memviralkan berita ini dilakukan dengan cara mengirim pesan kepada akun base @taktekbum, dimana akun ini khusus membahas dan mengupas kasus startup di Indonesia. Dengan terjadinya peristiwa ini para peserta magang mendapatkan dukungan dari pengguna twitter lainnya dan kasus ini langsung ditindaklanjuti oleh Kementrian Ketenagakerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:58
Last Modified: 19 Mar 2024 02:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68215

Actions (login required)

View Item View Item