RAHAYU NABILA INTAN, 195060048 (2024) PENGGUNAAN METODE SAS BERBATUAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 1 DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di SDN Parungserab 01 Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (290kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (950kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode SAS berbantuan kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1 di Sekolah Dasar. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen atau quasi experimental design. Sampel yang terdapat pada penelitian ini kelas I-A yang berjumlah 25 peserta didik sebagai kelas dan kelas I-B yang berjumlah 25 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu melalui tes dan observasi. Tes yang digunakan yaitu pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat kelas eksperimen mendapatkan nilai ratarata pretest yaitu 45,53 dengan rata-rata nilai posttest sebesar 86,12. Sedangkan untuk nilai rata-rata pretest kelas kontrol yaitu 44,86 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol adalah 66,96.hasil uji yang telah dilakukan oleh peneliti pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dapat disimpulkan bahwa nilai posttest mendapati lebih besar dibanding nilai pretest, yang artinya kemampuan membaca permulaan peserta didik meningkat. Peneliti menggunakan uji independent sampel t tes untuk mencari pengaruh metode SAS berbantuan kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar. Diketahui nilai t hitung sebesar 16,139 dengan nilai sig 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh secara signifikan pada kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Demikian peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode SAS berbantuan kartu kata bergambar tehadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1 di Sekolah Dasar. Kata kunci : Media Kartu Kata Bergambar, Membaca Permulaan, Metode SAS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Mar 2024 02:26 |
Last Modified: | 09 Mar 2024 02:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68162 |
Actions (login required)
View Item |