PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR (PENELITIAN EKSPERIMEN DI SDN PACET 1 CIANJUR)

SYOROCHMAN NAVISA FAUZIAH, 195060085 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR (PENELITIAN EKSPERIMEN DI SDN PACET 1 CIANJUR). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 C0VER.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 LEMBAR PENGESAHA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 BAB II.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text
11 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
12 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
13 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV di SDN Pacet 1 Cianjur Tujuan penlitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran. Salah satunya yang dapat di lakukan adalah memilih dan menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mengetahui hasil belajar peserta didik pada pembelajaran. Dengan mencoba model pembelajaran discovery learning karena model pembelajaran ini peserta didik di tuntut untuk aktif dengan menemukan sendiri dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitan quasi ekperimen dengan metode kuantitatif. Dalam metode penelitian ini, peneliti membagi subjek atau objek menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang di berikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan kelompok kontrol yang di berikan perlakuan yang biasa di berikan yaitu pembelajaran konversional. Kedua kelompok tersebut akan dibandingkan hasilnya setelah di berikan perlakuan yang berbeda. Dengan instrumen penelitian menggunatan tes yaitu pretest dan postest dengan jenis soal pilihan ganda dan instrumen non tes yaitu dokumentasi dan observasi, Adapun teknik analisis mengolah data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji effectsize hasil penelitian ini menunjukan bahwa penelitian model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, hal ini di ketahui dari hasil nilai rata - rata pretest sebesar 70,83 mengalami peningkatan setelah diberikan model discovery learning menjadi 86, 36 pada postets dan hasil uji hipotesis Nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000, lebih kecil dari level signifikansi yang telah ditentukan (0,05). Oleh karena itu, dari aturan pengambilan keputusan statistik, dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu yang artinya bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan model discovery learing dan kelas kontrol. Kata Kunci : Hasil Belajar , Model Discovery Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Mar 2024 07:00
Last Modified: 07 Mar 2024 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68149

Actions (login required)

View Item View Item