Fadilah Dea Nur, 195060161 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTESKTUAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di kelas V SDN Langensari Kec. Lembang Kab. Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (505kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (959kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya inovasi dalam penggunaan model pembelajaran menyebabkan siswa kurang antusias dalam memperhatikan pembelajaran yang dibuktikan dengan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengtahui peningkatan dan efektivitas antara kelas konvensional dengan kelas yang diberikan perlakuan model kontekstual terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan ialah nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah siswa kelas V SD Negeri 1 Langensari yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 48 siswa. Teknik pengambilan data pada penelitian ini ialah menggunakan tes dan observasi. Tes berupa pretest dan posttest yang diberikan kepada masing-masing kelas sampel penelitian dengan soal yang sama. Setelah data hasil tes didapatkan, peneliti melakukan analisis data dan menunjukan bahwa rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu dilakukan analisis dengan uji Independent Samples Test dengan bantun aplikasi SPSS 26, didapat hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesaar 0,000 < 0,05. Dilakukan pula uji effect size didapati hasil sebesar 4,19 dengan interpretasi dalam kategori kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan efektivitas siswa setelah menggunakan model pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Konsep Matematis, Kontekstual x IMPROVING THE ABILITY TO UNDERSTAND MATHEMATICA
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 04:22 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 04:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68134 |
Actions (login required)
View Item |