TRIFAUZI MUHAMAD ALDI, 195060067 (2024) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (Penelitian Quasi Experiment di Kelas 6 SDN 1 Sukajadi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1.COVER.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
9 BAB I.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
10 BAB II.pdf Download (482kB) | Preview |
|
Text
11 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
Text
12 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (761kB) |
||
Text
13 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
|
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran yang kreatif dan inovatif masih jarang dilakukan apalagi oleh guru sekolah dasar. Mengingat jumlah pelajaran yang banyak serta hanya disampaikan oleh seorang guru saja, sehingga berdampak pada cara mereka mengajar yang monoton dan tidak inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran IPS antara sebelum pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) setelah menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa Kelas 6 SDN 1 Sukajadi Ciamis. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division terhadap hasil belajar IPS pada siswa Kelas 6 SDN 1 Sukajadi Ciamis. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah siswa kelas 6 SDN 1 Sukajadi Ciamis yang terdiri dari kelas 6 A dan kelas 6 B dengan masing-masing kelas terdiri dari 21 orang baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe quasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan ialah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest posttest dan lembar observasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test, dan uji paired sample t test. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan dan pengaruh antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, hal ini terlihat dari hasil uji independent sample t test dan uji paired sample t test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan pengaruh antara kelas konvensional dengan kelas yang menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD). Kata Kunci : Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division , hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 03:41 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 03:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68133 |
Actions (login required)
View Item |