Implementasi Pembelajaran Diferensiasi dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-confidence ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik.

Fauzianti Hamzah, Tiara Aprilia (2024) Implementasi Pembelajaran Diferensiasi dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-confidence ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (46kB)

Abstract

Salah satu problematika dalam pembelajaran matematika adalah masih rendahnya kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah. Hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMK Pasundan 2 Bandung masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan pembelajaran diferensiasi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Pembelajaran diferensiasi merupakan usaha menyesuaikan proses pembelajaran dengan memberikan beragam cara melalui diferensiasi konten, proses, produk dan asesmen awal untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik, dalam hal ini gaya belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan Mix Methode tipe Embedded Desain. Desain kuantitatif yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design, dengan sampel 31 peserta didik kelas X TKJT-E. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Pembelajaran diferensiasi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis secara keseluruhan maupun ditinjau dari gaya belajar; (2) Tidak terdapat perbedaan dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik ditinjau dari gaya belajar; (3) Secara keseluruhan maupun ditinjau gaya belajar, peserta didik memiliki self-confidence yang baik setelah memperoleh pembelajaran diferensiasi; (4) Tidak terdapat perbedaan self-confidence peserta didik ditinjau dari gaya belajar; (5) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence peserta didik; dan (6) Pembelajaran diferensiasi memiliki efek tinggi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata kunci: diferensiasi; merdeka belajar; audio; visual; kinestetik.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 05 Mar 2024 01:46
Last Modified: 05 Mar 2024 01:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68131

Actions (login required)

View Item View Item