YUNITA NINGSIH, 105060221 (2016) PENGGUNAAN MEDIA BENDA NYATA (REAL OBJECT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI SEJARAH UANG (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Cijerah 6 Kota Bandung Tahun Ajaran 2013-2014). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. COVER.rtf Download (735kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.rtf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
|
Text
3. MOTO DAN PERSEMBAHAN.rtf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.rtf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
Text
7. ABSTRAK.rtf Download (46kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.rtf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.rtf Download (277kB) |
|
Text
BAB I.rtf Download (143kB) |
|
Text
BAB II.rtf Download (382kB) |
|
Text
BAB III.rtf Restricted to Repository staff only Download (730kB) |
|
Text
bab 4.rtf Restricted to Repository staff only Download (78MB) |
|
Text
BAB V.rtf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf Download (57kB) |
Abstract
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan kajian antar disiplin, IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pembelajaran IPS ditanamkan dari pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap. Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah berupa rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Cijerah 6 pada materi sejarah uang. Data awal hasil belajar IPS siswa kelas II SDN Cijerah 6 pada materi sejarah uang menunjukan hasil yang rendah yaitu 8 siswa yang tuntas mencapai KKM 70 atau dengan persentase 30,77%. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data pembelajaran dengan menggunakan media benda nyata (real object) pada materi sejarah uang dalam rangka meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Cijerah 6 Bandung, dengan jumlah peserta didik di kelas III-B 26 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus dilakukan dua kali tindakan yang terdiri dari beberapa kegiatan, antara lain: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan intrumen penilaian produk yang terdiri dari pretest, postest dan lembar kerja siswa (LKS). Standar penilaian didasarkan pada pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Cijerah 6 mengalami peningkatan, hal ini terbukti pada hasil selama pembelajaran yaitu Pada siklus I hasil pretest siswa yang mencapai KKM 70 sebanyak 4 siswa dengan persentase 15,38%, namun setelah dilaksanakan kegiatan pembelajaran dan diberikan postest, siswa yang tuntas mencapai KKM 70 sebanyak 12 siswa dengan persentase 46,15%. Sedangkan pada siklus II, hasil pretest siswa yang mencapai KKM 70 sebanyak 19 siswa dengan persentase 73,08%, namun setelah dilaksanakan kegiatan pembelajaran dan diberikan postest, siswa yang tuntas mencapai KKM 70 sebanyak 26 siswa yang artinya seluruh siswa memcapai KKM 70 dengan persentasi 100%. Hal ini menunjukan bahwa penelitian ini telah tuntas dan sesuai dengan indikator penelitian yang telah ditetapkan yaitu 85%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan media benda nyata (real object) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Cijerah 6 Bandung. Kata kunci: Hasil Belajar, IPS, Benda Nyata (Real Object), Sejarah Uang.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Jul 2016 17:23 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 17:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6811 |
Actions (login required)
View Item |