PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA KELAS V (Penelitian Quasi Eksperimen di kelas V SDN Langensari Kec. Lembang Kab. Bandung Barat)

Nurdin Mohamad Ath-Thoriq, 195060131 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA KELAS V (Penelitian Quasi Eksperimen di kelas V SDN Langensari Kec. Lembang Kab. Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang ditemukan, perlu adanya inovasi dalam pembelajaran tersebut. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan menerapkan model discovery learning. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar pembelajaran IPS antara kelas konvensional dengan kelas yang diberikan perlakuan model discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan ialah quasi-eksperimental design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah siswa kelas V SDN 1 Langensari yang terdiri dari 2 kelas yaitu VA sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 50 siswa. Teknik pengambilan data pada penelitian ini ialah menggunakan tes dan observasi. Tes berupa pretest dan posttest yang diberikan kepada masing-masing kelas sampel penelitian berupa soal yang sama dan lembar observasi penilaian sikap soisial. Setelah data hasil tes didapatkan, peneliti melakukan analisis data dan menunjukkan bahwa rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontol. Selain itu dilakukan analisis dengan uji Independent Samples Test dengan bantuan aplikasi SPSS 26, didapat hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dilakukan uji effect size. Di dapati hasil sebesar 2,51 dengan interpretasi dalam kategori kuat. Dan juga dilakukan uji nGain, didapati hasil posttest kelas eksperimen peningkatannya sebesar 78,0111 atau 78% dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol peningkatannya sebesar 25,3079 atau 25% dengan kategori rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Adapun dari hasil observasi yang sudah dilaksanakan peneliti setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat mempengaruhi sikap peduli siswa, dikarenakan setiap siswa memperoleh kenaikan nilai yang sangat signifikan yaitu hasil nilai sikap disiplin dari 25 menjadi 76, hasil nilai sikap kerjasama dari 20 menjadi 80 dan nilai sikap tanggung jawab dari 24 menjadi 86, dalam hal ini dapat dikatakan bahwa model discovery learning tidak hanya dapat mempengaruhi dari segi kognitifnya saja melainkan bisa mempengaruhi nilai sikap kepedulian. Kata kunci : Model Discovery Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Feb 2024 06:34
Last Modified: 23 Feb 2024 06:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68057

Actions (login required)

View Item View Item