PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas IV SDN 245 Sumbersari Indah Kota Bandung)

Arifin Lutfiah Ainun, 195060015 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas IV SDN 245 Sumbersari Indah Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sebuah permasalahan yang terjadi dilapangan yaitu mengenai rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran konvensional, kurangnya pemanfaatan dari sarana, prasaran, dan model pembelajaran terlebih model pembelajaran kooperatif tipe TGT.Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model kooperatif tipe TGT dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 245 Sumbersari Indah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen (quasi experiment) tipe nonequivalent control group design. Data yang dikumpulkan melalui Teknik observasi, pretest dan posttest dengan menetapkan responden sebagai sampel berjumlah 20 peserta didik menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dari kegiatan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan kegiatan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hal tersebut dapat dilihat dengan perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 76,75 dan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 64,75 dengan hasil uji Independent Sample T-Test yang dilihat Equal variances assumed pada nilai Sig. (2-tailed) yaitu sebesar 0,000 < 0,005 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun melalui hasil uji effect size terdapat pengaruh yang besar yaitu sebesar 2,00. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 234 Sumbersari Indah. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT, Pengaruh.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:05
Last Modified: 29 Jan 2024 07:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67772

Actions (login required)

View Item View Item