PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) MELALUI APLIKASI KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

RANI, 195060035 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) MELALUI APLIKASI KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) melalui aplikasi Kahoot terhadap hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen jenis desain penelitian quasi experiment dengan tipe nonequivalent group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, pretest dan posttest. Sesuai dengan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling maka responden yang ditetapkan yaitu 20 siswa dari masing-masing kelas. Berdasarkan hal teresebut, maka hasil penelitian menunjukkan baik antara kelas eksperimen maupun kelas kontrol melaksanakan pembelajarannya sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran yang digunakan. Kedua kelas tersebut diberikan perlakuan yang berbeda, sehingga hasilnya pun akan berbeda. Hasilnya terdapat adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode pembelajaran konvesional. Hal ini dapat dinyatakan dengan perolehan nilai hasil uji independent sample t-test yang dapat ditinjau dari equal variances assumed pada nilai Sig. (2-tailed) yaitu sebesar 0,00 < 0,05, artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, hal tersebut diartikan bahwa terdapat adanya pengaruh yang signifikan pada kelas eksperimen dan juga kelas kontrol. Melalui uji effect size dapat ditunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui Kahoot memberikan dampak yang signifikan pada proses kegiatan pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dengan nilai sebesar 3,37. Kemudian hasil data yang sudah diperoleh pada aspek afektif pada kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 3,8 dengan kategori sangat baik, sedangkan nilai afektif pada kelas kontrol sebesar 3,2 dengan kategori baik. Selanjutnya perolehan nilai psikomotorik pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 3,7 sedangkan nilai aspek psikomotorik pada kelas kontrol nilai rata-ratanya sebesar 3,4. Maka dari itu, peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui aplikasi Kahoot terhadap hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar. Kata Kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Hasil Belajar, Kahoot

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:24
Last Modified: 23 Jan 2024 03:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67745

Actions (login required)

View Item View Item