PENGARUH PENERAPAN MODEL WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 007 CIPAGANTI KOTA BANDUNG

NATALLIADI SITO, 185060093 (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 007 CIPAGANTI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Rendahnya hasil belajar menyebabkan siswa kurang antusias dalam menghadapi pembelajaran yang sedang berlangsung. Dengan demikian penulis tertarik untuk menerapkan Model Word Square. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh Model Word Square yang diterapkan. Penelitian yang digunakan ini adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen, dan penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 007 Cipaganti Kota Bandung pada kelas III. Teknik yang digunakan adalah Pretest - Postest , maka kelas III-A (kontrol) maupun kelas III-B (eksperimen) akan diambil masing-masing sampel sebanyak 16 siswa , maka total keseluruhan kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah sebanyak 32 siswa. Data hasil pretest siswa setelah dilakukan perhitungan, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 84,38, dan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 70,63. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan siswa pada kedua kelas tersebut. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis independent sample t yang disajikan pada tabel 4.5, taraf kepercayaan 95% dan derajat kebebasan df = 30 diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,007, lalu diperoleh thitung = 5,142 dan ttabel = 2,042 maka thitung ˃ ttabel artinya Ha diterima, sehingga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara pretest dan posttest. Berdasarkan kaidah kriteria pengambilan keputusan dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Word Square , Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:11
Last Modified: 17 Jan 2024 06:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67705

Actions (login required)

View Item View Item