PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Experiment di SD Negeri Budhi Karya Kabupaten Bandung Barat)

KHAERUNNISA DITA, 195060008 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Experiment di SD Negeri Budhi Karya Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER DEPAN.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTARK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada kelas V di SDN Budhi Karya yaitu kurangnya kemampuan peserta didik dalam menulis karangan narasi. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu atau quasi eksperiment berfokus pada desain nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan oleh peneliti yaitu seluruh peserta didik kelas V di SDN Budhi Karya, dan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VA yang dimana menjadi menjadi kelas eksperimen dan kelas VB menjadi kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, yaitu pretes maupun postes untuk mengukur keterampilan menulis karangan narasi peserta didik setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write memiliki perbedaan keterampilan menulis karangan dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional, nilai pretes kelas VA dengan rata-rata yaitu 38,59, sedangkan pada hasil postes nilai rata-rata yaitu 85.33. Pada kelas VB dengan nilai pretes rata-rata yaitu 37,59, sedangkan dengan hasil postes nilai rata-rata yaitu 83.89. Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dan peserta didik menggunakan pembelajaran konvensional memiliki peningkatan dengan nilai NGain kelas VA sebesar 0,76 dikategorikan tinggi, sedangkan kelas VB sebesar 0,73 dikategorikan tinggi. Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write memiliki pengaruh dengan nilai effect size sebesar 0,37 dengan kategorikan sedang. Kata Kunci: Karangan narasi, Keterampilan menulis, Kooperatif Tipe Think Talk Write

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Jan 2024 01:37
Last Modified: 17 Jan 2024 01:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67704

Actions (login required)

View Item View Item