Fauziah Afi Rohmatika, 195060023 (2024) PENGARUH METODE MIND MAPPING MELALUI GOOGLE JAMBOARD TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Experiment Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 245 Sumbersari Indah Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dikarenakan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru disertai dengan penerapan metode pembelajaran yang kurang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh metode Mind Mapping melalui Google Jamboard terhadap kreativitas belajar siswa serta mengetahui gambaran proses kreativitas belajar siswa kelas IV melalui metode Mind Mapping melalui Google Jamboard. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu (Quasi Experiment). Instrumen penelitian menggunakan tes berupa pretest-posttest berjumlah 20 item dan non tes berupa lembar kuesioner skala Likert bejumlah 20 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji Independent Sample T Test dan uji Effect Size. Hasil penelitian ini menujukan bahwa nilai rata rata posttest dan kuesioner kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Nilai rata rata posttest dan kuesioner kelas eksperimen sebesar 85.20 sedangkan nilai posttest dan kuesioner kelas kontrol sebesar 75.00 dengan hasil uji data Independent Sample T Test sebesar 0,000 dengan nilai effect size 1,00. Berdasarkan hasil uji data tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode Mind Mapping melalui Google Jamboard ini dapat mempengaruhi kreativitas belajar siswa. Selain itu, adanya penjelasan mengenai gambaran proses penggunaan metode Mind Mapping melalui Google Jamboard di kelas eksperimen menjadi salah satu bukti bagaimana kreativitas belajar siswa dapat meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol yang diberi perlakukan Direct Instruction. Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Google Jamboard, Kreativitas Belajar Siswa, IPAS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 08:11 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 08:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67697 |
Actions (login required)
View Item |