Oktarini Via, 195030038 (2023) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERFOKUS PADA KRISIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS X SMA PGII 1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (498kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (354kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis serta kesulitan peserta didik dalam menulis terutama pada materi teks anekdot. Adapun yang menjadi faktor utama dalam kesulitan menulis pada peserta didik adalah kurangnya latihan dan praktik yang dilakukan oleh peserta didik saat pembelajaran terutama menulis teks anekdot, dan peran pendidik yang tidak membiasakan peserta didik dalam menuangkan ide kedalam bentuk tulisan. Serta kurangnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif oleh pendidik. Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk dipakai adalah model problem based learning dapat dijadikan sebuah alternatif untuk digunakan dalam pembelajaran menulis teks anekdot. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks anekdot terutama dalam menentukan salah satu struktur pada teks anekdot yaitu krisis dengan penerapan model problem based learning. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini akan membahas tentang data yang telah penulis kumpulkan dari subjek dan objek penelitian, hasil pengolahan data, serta analisis pengolahan data. Penulis telah menyusun hasil penelitian ini setelah melakukan penelitian terhadap peserta didik kelas X-MIP 6 di SMA PGII 1 Bandung sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 80,42 yang kemudian mengalami peningkatan pada hasil rata-rata posttest menjadi sebesar 86,67 dengan persentase kenaikan sebesar 26,8%. Sedangkan hasil rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 66,39 yang kemudian mengalami peningkatan pada hasil rata-rata posttest menjadi sebesar 70,92 dengan persentase kenaikan sebesar 16,4%. Dilihat dari data nilai rata-rata yang telah penulis temukan, maka dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas eksperimen lebih mampu dalam menulis teks anekdot dengan penerapan model problem based learning dibandingkan kelas konrol dengan tidak menggunakan perlakuan khusus. Kata Kunci : Menulis, Teks Anekdot, Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Dec 2023 07:27 |
Last Modified: | 28 Dec 2023 07:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67677 |
Actions (login required)
View Item |