PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI TEKS EKSPOSISI BERORIENTASI PADA LITERASI NUMERASI DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENANAMAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PESERTA DIDIK FASE E DI SMA NEGERI 2 KOTA TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Mrs, Popon (2023) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI TEKS EKSPOSISI BERORIENTASI PADA LITERASI NUMERASI DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENANAMAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PESERTA DIDIK FASE E DI SMA NEGERI 2 KOTA TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
POPON_ ARTIKEL WISTARA.docx

Download (52kB)
[img] Text
Abstrak_sunda.docx

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
Tesis Revisi Popon MPBSi.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan kemampuan peserta didik dalam membaca pemahaman sehingga perlu ditingkatkan. Upaya peningkatan kemampuan peserta didik dan mutu pembelajaran bahasa Indonesia tidak lepas dari peranan model pembelajaran yang dilaksanakan pendidik saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis teks eksposisi yang berorientasi pada literasi numerasi dengan model Discovery Learning dikaitkan dengan penanaman Profil Pelajar Pancasila, dimensi bergotong royong, bernalar kritis, mandiri, dan kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed Method Concurrent Embedded Desain, dengan teknik pengumpulan data melalui uji coba, observasi, tes, wawancara, dan angket. Adapun populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X, dengan sampel peserta didik kelas X-7 dan X-8 pada fase E. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran menganalisis isi teks eksposisi berorientasi pada literasi numerasi dengan model Discovery Learning di kelas eksperimen dan metode diskusi di kelas kontrol. Rata-rata nilai pretest di kelas eksperimen sebesar 146,62 dan rata-rata nilai postest sebesar 148,4 Rata-rata nilai pretes di kelas kontrol sebesar 63,32 dan rata-rata nilai postesnya 68,56 Berdasarkan perhitungan statistik dengan uji t menunjukkan bahwa nilai signfikansi yang didapat sebesar 0,000. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penilaian penanaman Profil Pelajar Pancasila, khusunya dimensi bergotong royong, bernalar kritis, mandiri, dan kreatif menunjukkan adanya perkembangan yang baik dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka pada empat dimensi. Merujuk pada hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan, pembelajaran menganalisis teks eksposisi yang berorientasi pada literasi numerasi dengan model Discovery Learning dikaitkan dengan penanaman Profil Pelajar Pancasila berhasil dengan baik. Kata Kunci: kurikulum, bahasa Indonesia, teks eksposisi, literasi numerasi, discovery learning., dan Profil Pelajar Pancasila.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Depositing User: Mr SOER -
Date Deposited: 05 Dec 2023 02:48
Last Modified: 09 Jan 2024 04:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67541

Actions (login required)

View Item View Item