PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM

PRATIWI AJENG, 165050057 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang esensial dan fundamental dalam pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Selain itu, siswa juga perlu memiliki sikap self-efficacy untuk mencapai taraf yang lebih baik dengan menerapakan sebuah pembiasaan di dalam pembelajarannya. Namun kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa masih tergolong rendah. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy adalah model discovery learning berbantuan google classroom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan google classroom lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran direct instruction; 2) apakah self-efficacy pada siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan google classroom lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran direct instruction; dan 3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa SMA yang menggunakan model discovery learning berbantuan google classroom. Adapun metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Klari Karawang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument tes berupa soal uraian kemampuan pemecahan masalah matematis dan instrument non tes berupa angket self-efficacy. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan google classroom lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran direct instruction; 2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan google classroom lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran direct instruction; dan 3) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan google classroom. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Efficacy, Model Discovery Learning dan Google Classroom.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 Nov 2023 01:29
Last Modified: 30 Nov 2023 01:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67524

Actions (login required)

View Item View Item