PRATIWI AJENG, 165050057 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (601kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (844kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (472kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang esensial dan fundamental dalam pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Selain itu, siswa juga perlu memiliki sikap self-efficacy untuk mencapai taraf yang lebih baik dengan menerapakan sebuah pembiasaan di dalam pembelajarannya. Namun kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa masih tergolong rendah. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy adalah model discovery learning berbantuan google classroom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan google classroom lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran direct instruction; 2) apakah self-efficacy pada siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan google classroom lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran direct instruction; dan 3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa SMA yang menggunakan model discovery learning berbantuan google classroom. Adapun metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Klari Karawang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument tes berupa soal uraian kemampuan pemecahan masalah matematis dan instrument non tes berupa angket self-efficacy. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan google classroom lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran direct instruction; 2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan google classroom lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran direct instruction; dan 3) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan google classroom. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Efficacy, Model Discovery Learning dan Google Classroom.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 01:29 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 01:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67524 |
Actions (login required)
View Item |