PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Siswa Kelas X-2 SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putra Materi Industri Keuangan Non-Bank Tahun Ajaran 2022/2023)

Oktaviani Indah, 185020047 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei Pada Siswa Kelas X-2 SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putra Materi Industri Keuangan Non-Bank Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover_ Skripsi_Indah Oktaviani 185020047_Pend. Ekonomi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan_Skripsi_Indah Oktaviani 185020047_Pend. Ekonomi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak_Skripsi _Indah Oktaviani 185020047_Pend. Ekonomi FKIP UNPAS_HR3P.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I_Skripsi _Indah Oktaviani 185020047_Pend. Ekonomi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II_Skripsi _Indah Oktaviani 185020047_Pend. Ekonomi.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text
6. BAB III_Skripsi _Indah Oktaviani 185020047_Pend. Ekonomi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
7. BAB IV_Skripsi _Indah Oktaviani 185020047_Pend. Ekonomi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V_Skripsi _Indah Oktaviani 185020047_Pend. Ekonomi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka_ Skripsi _Indah Oktaviani 185020047_Pend. Ekonomi.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pendidikan sarana untuk meningkatkan kualitas diri diantaranya meningkatkan kualitas diri dalam kemampuan berpikir salah satunya kemampuan berpikir lateral. Tujuan penulis yakni mengetahui bagaimana penerapan model inkuiri sosial dan kemampuan berpikir lateral peserta didik serta seberapa besar pengaruh model pembelajaran inkuiri sosial terhadap kemampuan berpikir lateral peserta didik pada mata pelajaran ekonomi materi industri keuangan non-bank di kelas X-2 SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putra tahun ajaran 2022/2023. Dengan rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran inkuiri sosial pada mata pelajaran ekonomi materi industri keuangan non-bank di kelas X-2 SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putra tahun ajaran 2022/2023?, 2) Bagaimana kemampuan berpikir lateral siswa pada mata pelajaran ekonomi materi industri keuangan nonbank di kelas X-2 SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putra tahun ajaran 2022/2023? dan 3) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran inkuiri Sosial terhadap kemampuan berpikir lateral siswa pada mata pelajaran ekonomi materi industri keuangan non-bank di kelas X-2 SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putra tahun ajaran 2022/2023?. Metode penelitian yang dipakai oleh penulis, metode survey dengan teknik analisis data yaitu uji validitas, reliabilitas, normalitas, uji hipotesis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian yakni 1) Penerapan model pembelajaran inkuiri sosial pada mata pelajaran ekonomi materi industri keuangan non-bank di kelas X-2 berada dalam kategori “Baik” dengan nilai rata-rata sebesar 3,85 atau sama dengan persentase 77%. 2) Kemampuan berpikir lateral siswa pada mata pelajaran ekonomi materi industri keuangan non-bank di kelas X-2 berada dalam kategori Baik dengan nilai rata-rata sebesar 3,74 atau sama dengan persentase 75%. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri sosial terhadap kemampuan berpikir lateral siswa pada mata pelajaran ekonomi materi industri keuangan non-bank di kelas X-2 SMA Daarut Tauhiid Boarding School Putra dibuktikan dengan koefisien determinasi R Square dengan bobot 0,596 dengan persentase 59,6% yang dikategorikan “Sedang”. Sebagai akhir penelitian peneliti menyampaikan saran kepada; 1) Sekolah agar mampu mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir dan lebih memperhatikan kemampuan berpikir lateral peserta didik, 2) Guru sebaiknya mengambil peran yang lebih aktif dalam proses pembelajaran di kelas dengan mengaplikasikan beragam model pembelajaran, seperti contohnya model pembelajaran inkuiri sosial dan 3) Peneliti vi selanjutnya disarankan untuk melanjutkan penelitian terkait pengaruh model pembelajaran inkuiri sosial terhadap kemampuan berpikir lateral peserta didik di sekolah dan kelas yang berbeda. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Sosial, Kemampuan Berpikir Lateral

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 27 Nov 2023 08:34
Last Modified: 27 Nov 2023 08:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67505

Actions (login required)

View Item View Item