Ramadan, Raka Adam,165060048 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SDN 6 CIBOGO. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
3. Lembar Pengesahan Sidang.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
4. abstrak bahasa indonesia.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
5. abstrak bahasa inggris.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
6. abstrak bahasa sunda.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (484kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (819kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
||
|
Text
17. daftar pustaka.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi Bangun Ruang (Kubus dan Balok) di kelas V SDN 6 CIBOGO tahun ajaran 2022/2023. Metode eksperimen dengan kelompok kontrol digunakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model PBL memiliki hasil belajar lebih baik dan aktivitas belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata skor aktivitas dan hasil belajar secara statistik berbeda signifikan dengan nilai p < 0,05. Saran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah bagi siswa untuk memanfaatkan model PBL dalam mempelajari materi bangun ruang karena model ini mendorong aktivitas dan kemampuan berpikir kritis. Bagi guru, disarankan untuk memahami sintaks model PBL agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Kerjasama antara guru dan siswa penting untuk kesuksesan model pembelajaran ini. Sekolah sebaiknya menyediakan fasilitas yang mendukung penerapan model PBL, terutama teknologi. Bagi peneliti lain, disarankan untuk melanjutkan penelitian sejenis guna mengoptimalkan hasil yang didapat. Kata Kunci: Problem Based Learning, hasil belajar, aktivitas siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 03:13 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 03:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67411 |
Actions (login required)
View Item |