AULIA GIVANI SABRINA PUTRI, 195060139 (2023) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Experiment di SDN Panyingkiran III Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (484kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (258kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya keterampilan menyimak yang dimiliki oleh peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan pretest dan posttest control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN Panyingkiran III Kota Sumedang, sampel penelitiannya yaitu peserta didik kelas IV-A dan peserta didik kelas IV-B SDN 128 Panyingkiran III yang masing-masing berjumlah 20 orang. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan bulir soal keterampilan menyimak yang divalidasi oleh pendapat ahli (judgement experts). Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil dari uji hipotesis diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,027 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan keterampilan menyimak antara peserta didik yang menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan audio visual dengan peserta didik yang menggunakan model konvensional; Terdapat peningkatan keterampilan menyimak peserta didik antara peserta didik yang menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan audio visual dengan peserta didik yang menggunakan model konvensional, hal ini dapat diketahui melalui nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 48,5, dan rata-rata posttest sebesar 88,25. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 48,25, dan rata-rata posttest sebesar 80; Berdasarkan hasil effect size, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan audio visual memiliki pengaruh sebesar 0,34 terhadap keterampilan menyimak peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan audio visual dapat berpengaruh terhadap keterampilan menyimak peserta didik di kelas IV SDN Panyingkiran III Kota Sumedang. Kata Kunci: audio visual, keterampilan menyimak, model kooperatif tipe STAD
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 21 Oct 2023 03:44 |
Last Modified: | 21 Oct 2023 03:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67273 |
Actions (login required)
View Item |