KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS DAN SELFCONCEPT SISWA SMA MELALUI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA

MILLANIA DITTA, 195050009 (2023) KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS DAN SELFCONCEPT SISWA SMA MELALUI DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO HIDUP, kata pengantar, abstract.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan sebagai berikut: (1) Menyelidiki apakah kemampuan abstraksi siswa SMA dalam matematika mengalami peningkatan lebih tinggi setelah belajar menggunakan Discovery Learning dengan bantuan GeoGebra dibandingkan dengan pembelajaran konvensional; (2) Menyelidiki apakah selfconcept siswa SMA meningkat lebih baik melalui metode Discovery Learning dibandingkan dengan metode konvensional; (3) Mengidentifikasi apakah terdapat korelasi antara self-concept dan kemampuan abstraksi matematis peserta didik yang menggunakan Discovery Learning dengan bantuan GeoGebra. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh peserta didik kelas XI SMA Handayani 1 Pameungpeuk. Ada dua kelas yang dijadikan subjek dalam penelitian yang kemudian akan dipengaruhi, yakni kelas eksperimen merupakan kelas XI IPA 1 yang menerima pembelajaran Discovery Learning, dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan abstraksi matematis berbentuk soal uraian, serta skala self-concept. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan perangkat lunak IBM SPSS 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan abstraksi matematis peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning tidak lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional; (2) Self-concept peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional; (3) Tidak ditemukan adanya korelasi antara kemampuan abstraksi matematis dan self-concept peserta didik di Sekolah Menengah Atas. Kata Kunci: Discovery Learning, abstraksi matematis, self-concept.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:31
Last Modified: 20 Oct 2023 08:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67272

Actions (login required)

View Item View Item