PENGARUH STRATEGI PORPE (PREDICT, ORGANIZE, REHEARSE, PRACTICE, AND EVALUATE) BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Experiment di Kelas V SDN Cilincing 05 Jakarta)

JUSSANTI OKTAPIYANI, 195060132 (2023) PENGARUH STRATEGI PORPE (PREDICT, ORGANIZE, REHEARSE, PRACTICE, AND EVALUATE) BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Experiment di Kelas V SDN Cilincing 05 Jakarta). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan membaca pemahaman peserta didik terutama di SDN Cilincing 05 Jakarta kelas V-C yang memiliki peserta didik sebanyak 66,7% di bawah KKTP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas V-C dan peserta didik kelas V-D yang masing-masing berjumlah 30 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah instrument tes dan non tes. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan membaca pemahaman antara peserta didik yang menggunakan strategi PORPE berbantuan media flash card dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional, hal ini dapat diketahui melalui nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 66,67, dan rata-rata posttest sebesar 82,533. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 62,13, dan rata-rata posttest sebesar 76,267. Terdapat peningkatan keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang menggunakan strategi PORPE berbantuan media flash card dan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional, dapat dilihat dari uji N-gain score yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain score kelas eksperimen adalah sebesar 0,5719 termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan rata-rata N-gain score kelas kontrol adalah sebesar 0,3548 termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil effect size, penggunaan strategi PORPE berbantuan media flash card memiliki pengaruh sebesar 32,60 terhadap keterampilan membaca pemahaman peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi PORPE berbantuan media flash card berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas V di SDN Cilincing 05 Jakarta. Kata Kunci: flash card, keterampilan membaca pemahaman, strategi PORPE

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:41
Last Modified: 20 Oct 2023 01:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67266

Actions (login required)

View Item View Item