PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ramdaniah Nur Asyfa, 195060123 (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pelajaran matematika di SDN Cicumanggala dikarenakan tidak adanya inovasi dalam model pembelajaran dan media pembelajaran. Maka diperlukan adanya inovasi baru dalam pembelajaran, salah satunya menggunakan model discovery learning serta media pembelajarannya menggunakan video animasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis pada pelajaran matematika kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif teknik quasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan dokumentasi. Tes yang digunakan yaitu pretest dan posttest yang dijadikan sebagai data kemampuan berpikir kritis peserta didik. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen menggunakan model discovery learning berbantuan video animasi dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional. Teknik pengolahan data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji indenpendent yang dibantu dengan software IBM SPSS satistic 22 dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning berbantuan video animasi berjalan dengan lancar. Pembelajaran di kelas kontrol menggunakan model konvensional juga berjalan dengan lancar. Tidak terdapat perbedaan pretest antara kelas eksperimen dan kontrol tetapi terdapat perbedaan pada posttest antara kedua kelas tersebut. Diperoleh hasil bahwa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Terdapat pengaruh besar dalam penggunaan model discovery learning berbantuan video animasi dengan nilai 0,72 dalam uji effect size. Kata Kunci : Model discovery learning, Video animasi, Kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:32
Last Modified: 18 Oct 2023 08:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67257

Actions (login required)

View Item View Item