Ramdaniah Nur Asyfa, 195060123 (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (329kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pelajaran matematika di SDN Cicumanggala dikarenakan tidak adanya inovasi dalam model pembelajaran dan media pembelajaran. Maka diperlukan adanya inovasi baru dalam pembelajaran, salah satunya menggunakan model discovery learning serta media pembelajarannya menggunakan video animasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis pada pelajaran matematika kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif teknik quasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan dokumentasi. Tes yang digunakan yaitu pretest dan posttest yang dijadikan sebagai data kemampuan berpikir kritis peserta didik. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen menggunakan model discovery learning berbantuan video animasi dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional. Teknik pengolahan data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji indenpendent yang dibantu dengan software IBM SPSS satistic 22 dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning berbantuan video animasi berjalan dengan lancar. Pembelajaran di kelas kontrol menggunakan model konvensional juga berjalan dengan lancar. Tidak terdapat perbedaan pretest antara kelas eksperimen dan kontrol tetapi terdapat perbedaan pada posttest antara kedua kelas tersebut. Diperoleh hasil bahwa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Terdapat pengaruh besar dalam penggunaan model discovery learning berbantuan video animasi dengan nilai 0,72 dalam uji effect size. Kata Kunci : Model discovery learning, Video animasi, Kemampuan berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 08:32 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 08:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67257 |
Actions (login required)
View Item |