Harningsih. Dinda Mj, 195060147 (2023) PENGARUH MEDIA FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN LEBAKWANGI 01 KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAAN.pdf Download (739kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (653kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (856kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (557kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar siswa merupakan output dari proses belajar mengajar salah satu masalah yang ada di kelas V SDN Lebakwangi 01 adalah rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah proses kegiatan belajar mengajar guru hanya sebatas menjelaskan dengan menggunakan papan tulis tanpa menggunakan media lain, sedingga pembelajaran cenderung membosankan hal ini membuat siswa kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk menggunakan media flipbook terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media fipbook terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen, desain Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dua kelompok, yaitu kelas VA sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebanyak 25 siswa sebagai kelas Eksperimen. Perlakuan yang ditetapkan pada kelompok eksperimen dengan menggunakan media flipbook. Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari nilai ratarata pretest pada kelas kontrol sebesar 1,52 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 4,2 lalu pada nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 4,08 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 9,32. Pada hasil uji paired sample t test terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan nilai signifikan (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, pada hasil uji effect size terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan nilai signifikan 6,39 > 0,80. Kata Kunci: Media flipbook dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 06:19 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 06:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67246 |
Actions (login required)
View Item |