IKLAN LIFEBUOY VERSI AKAR KUAT DI BULAN SUCI PADA YOUTUBE

Rizky, Muchammad Firas (2023) IKLAN LIFEBUOY VERSI AKAR KUAT DI BULAN SUCI PADA YOUTUBE. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Semiotika Iklan Lifebuoy Versi Akar Kuat Di Bulan Suci Pada YouTube”. Iklan ini memiliki makna dan tanda-tanda yang dapat dimaknai sebagai wujud produk dari Lifebuoy dan juga sebagai bentuk pesan moral yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Denotasi, Konotasi, dan Mitos yang terdapat pada iklan Lifebuoy versi “Akar Kuat di Bulan Suci” pada YouTube. Selain untuk mengetahui makna pesan yang terkandung dalam Denotasi, Konotasi, dan Mitos yang ditampilkan, pada penelitian ini juga ditunjukan untuk mengetahui bagaimana Konvergensi Simbolis yang coba disampaikan melalui iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan teori yang digunakan adalah teori Semiotika Roland Barthes, untuk menganalisis makna- makna yang terdapat dalam setiap adegan pada iklan ini. Dengan mengacu pada teori pendukung Konvergensi Simbolis Ernest Borman dan Robert Bales. Hasil dari penelitian ini, penulis menemukan bahwa dalam iklan Lifebuoy versi “Akar Kuat di Bulan Suci” ini memiliki makna Denotasi, Konotasi, dan Mitos dalam setiap adegannya, juga berkaitan dengan realitas yang terjadi di kehidupan masyarakat. Sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami oleh masyarakat, baik makna tersirat dalam iklan tersebut adalah bahwa PT Unilever ingin membuat kita tetap berbuat kebaikan dalam situasi dan kondisi apapun serta selalu ingat terhadap pesan dari orangtua. Kata Kunci : Konvergensi Simbolis, Lifebuoy, Roland Barthes, Semiotika, YouTube

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:25
Last Modified: 13 Oct 2023 02:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67225

Actions (login required)

View Item View Item