PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV TEMA 2 DI SDN 1 KAYUAMBON

JUNIYATI MILA, 185060075 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV TEMA 2 DI SDN 1 KAYUAMBON. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 1 Kayuambon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental desain non- equivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 peserta didik kelas IV SDN 1 Kayuambon. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas IV C sebanyak 20 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebanyak 20 peserta didik sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diterapkan pada kelompok eksperimen adalah model problem based learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD. Melihat dari hasil perhitungan uji descriptive dengan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen yaitu 35,30 dan hasil post-test kelas eksperimen yaitu 87,25. Pada kelas kontrol hasil pre-test yaitu 35,75 dan hasil post-test yaitu 79,80. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh dapat terlihat bahwa masing-masing kelas nilai posttest lebih besar dibandingkan dengan nilai pre-test, artinya terdapat suatu peningkatan. Selanjutnya, melihat dari hasil uji hipotesis menggunakan rumus Independent Sample T Test menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 5.050, maka sebagaimana dalam dasar pengambilan keputusan uji hipotesis Independent Sample T Test hipotesis kerja menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV Tema 2 di SDN 1 Kayuambon. Kemudian melihat dari hasil perhitungan yang telah dilakukan dengan menggunakan uji effect size menghasilkan nilai 2,38 yang mana nilai tersebut berada pada kategori besar sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV Tema 2 di SDN 1 Kayuambon berpengaruh besar. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:17
Last Modified: 12 Oct 2023 07:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67221

Actions (login required)

View Item View Item