PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Cileunyi 3 Kabupaten Bandung)

Maulana Mohamad Fikri, 195060142 (2023) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Cileunyi 3 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Pembimbing Mohamad Fikri Maulana 195060142.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Penguji Mohamad Fikri Maulana 195060142.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw berbantuan media Scrapbook terhadap keterampilan berbicara peserta didik di sekolah dasar. Oleh karena itu peneliti menemukan beberapa permasalahan yaitu (1) Bagaimana gambaran pembelajaran peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan model pembelajaran konvensional, (2) Apakah terdapat perbedaan keterampilan berbicara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan model pembelajaran konsenvional, (3) Apakah terdapat peningkatan keterampilan berbicara peserta didik yang mengggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan model pembelajaran konvesional, (4) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap keterampilan berbicara peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi experiment. Desain yang digunakan adalah control group design. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Tes yang digunakan menggunakan pretes dan postes dijadikan sebagai data keterampilan berbicara peserta didik. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t tes, uji NGain dan uji effect size dibantu software IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw berbantuan media scrapbook. Terdapat pengaruh besar dalam penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dengan nilai 1,8 dalam uji effect size dan signifikan sebesar 0.000 melalui uji Independent Sample T-Tes. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh dan hasil kemampuan berbicara peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw berbantuan media Scrapbook lebih tinggi dari peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Keterampilan Berbicara, Scrapbook

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:45
Last Modified: 12 Oct 2023 06:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67218

Actions (login required)

View Item View Item