Maulana Mohamad Fikri, 195060142 (2023) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Cileunyi 3 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan Pembimbing Mohamad Fikri Maulana 195060142.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan Penguji Mohamad Fikri Maulana 195060142.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (240kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw berbantuan media Scrapbook terhadap keterampilan berbicara peserta didik di sekolah dasar. Oleh karena itu peneliti menemukan beberapa permasalahan yaitu (1) Bagaimana gambaran pembelajaran peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan model pembelajaran konvensional, (2) Apakah terdapat perbedaan keterampilan berbicara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan model pembelajaran konsenvional, (3) Apakah terdapat peningkatan keterampilan berbicara peserta didik yang mengggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan model pembelajaran konvesional, (4) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap keterampilan berbicara peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi experiment. Desain yang digunakan adalah control group design. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Tes yang digunakan menggunakan pretes dan postes dijadikan sebagai data keterampilan berbicara peserta didik. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t tes, uji NGain dan uji effect size dibantu software IBM SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw berbantuan media scrapbook. Terdapat pengaruh besar dalam penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dengan nilai 1,8 dalam uji effect size dan signifikan sebesar 0.000 melalui uji Independent Sample T-Tes. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh dan hasil kemampuan berbicara peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw berbantuan media Scrapbook lebih tinggi dari peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Keterampilan Berbicara, Scrapbook
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 06:45 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 06:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67218 |
Actions (login required)
View Item |