PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING

KHUMAYRO,ANIS, 195050033 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis yang memperoleh model problem-based learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh metode konvensional, untuk mengetahui apakah self-efficacy yang memperoleh model problem-based learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy murid SMP pada model problem-based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan jenis penelitian nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 45 Bandung tahun ajaran 2022-2023 sebanyak dua kelas yang dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu dengan jumlah sampel 66 murid, diantaranya 32 murid kelas VIII-I dan 34 murid kelas VIII-H. Kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model problem-based learning sementara kelas VIII-H sebagai kelas kontrol yang hanya diberi perlakuan metode konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy. Instrument tes kemampuan diberikan saat pretest dan posttest, sedangkan angket diberikan saat posttest. Data yang terkumpul dari hasil pretest, posttest dan angket kemudian diollah menggunakan bantuan Software IBM SPSS 23.0 for Windows. Kesimpulannya 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem-based learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem-based learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 3) terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model Problem-based learning. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-efficacy, Model Problem-Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:34
Last Modified: 10 Oct 2023 08:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67166

Actions (login required)

View Item View Item