OCTAVIA,MARSELA ZAHRA, 195020020 and Riani, Dini (2023) PENGARUH PERSEPSI PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Survei pada Siswa Kelas XI IPS di SMA ANGKASA Bandung Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (616kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (842kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (966kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pesatnya perkembangan teknologi termasuk uang elektronik (e-money) yang memudahkan bagi semua pengguna termasuk para remaja dalam penggunaan uang elektronik sehingga remaja cenderung lebih konsumtif, hal ini ditandai dengan perilaku para remaja yang selalu ingin memiliki, dan membeli barang secara berlebihan dan tidak wajar. Untuk itu, penelitian ini bertujuan: (i) mengetahui persepsi penggunaan uang elektronik siswa SMA Angkasa Bandung; (ii) mengetahui perilaku konsumtif siswa SMA Angkasa Bandung; (iii) pengaruh intensitas pengunaan uang eletronik terhadap perilaku konsumtif pada siswa SMA Angkasa bandung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif serta teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dengan jumlah sampel sebanyak 102 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Penggunaan uang elektronik siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 3,98 yang menunjukkan bahwa persepsi siswa SMA Angkasa mengenai pengggunaan uang elektronik tergolong mudah; (ii) Perilaku konsumtif siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 3.87 yang termasuk dalam kategori tinggi; (iii) Terdapat pengauh yang signifikan antara penggunaan uang elektronik terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Angkasa dengan nilai kontribusi sebesar 60,8% yang artinya memiliki tingkat pengaruh yang termasuk dalam kategori kuat. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi sumber referensi yang baru yang dapat digunakan sebagai bahan rujukan bagi penelitipeneliti lain untuk meningkatkan penggunaan uang elektronik dan juga untuk meminimalisir adanya perilaku konsumtif di kalangan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 08:27 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 03:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67162 |
Actions (login required)
View Item |