Nurohmah Pilda, 195060059 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di SDN 160 Sukalaksana Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
Ringkesan.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (284kB) | Preview |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (117kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara peserta didik di Sekolah Dasar. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas IV di SDN 160 Sukalaksana Kota Bandung Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 160 Sukalaksana Kota Bandung, dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas IV-A sebanyak 27 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen, dan kelas IV-B sebanyak 27 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan rubrik penilaian keterampilan berbicara yang divalidasi menggunakan pendapat ahli (judgment experts). Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Gambaran proses pembelajaran kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat mempengaruhi keterampilan berbicara peserta didik. 2) Hasil dari uji hipotesis diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang kurang dari 0,05 sehingga terdapat perbedaan keterampilan berbicara antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan peserta didik yang menggunakan model konvensional. 3) Terdapat peningkatan keterampilan berbicara peserta didik antara peserta didik yang menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan peserta didik yang menggunakan model konvensional hal ini dapat diketahui melalui nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 46,85, dan rata-rata postes sebesar 81,67. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretes sebesar 43,78, dan rata-rata postes sebesar 73,78. 4) Berdasarkan hasil effect size, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share memiliki pengaruh sebesar 1,18 terhadap keterampilan berbicara peserta didik. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat berpengaruh terhadap keterampilan berbicara peserta didik di kelas IV SDN 160 Sukalaksana Kota Bandung. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Think Pair Share, Keterampilan Berbicara, Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 07:44 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 07:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67092 |
Actions (login required)
View Item |