PENGARUH DISIPLIN DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Survei Pada Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 SMAS Terpadu Ar-Risalah Ciamis)

MASRIYANI TITA LAILA, 195020080 (2023) PENGARUH DISIPLIN DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Survei Pada Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 SMAS Terpadu Ar-Risalah Ciamis). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (815kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (522kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) seberapa besar pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAS Terpadu Ar-Risalah Ciamis, (ii) seberapa besar pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAS Terpadu Ar-Risalah Ciamis, (iii) Seberapa besar pengaruh disiplin dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAS Terpadu Ar-Risalah Ciamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dengan pendekatan kuantitatif, populasi pada penelitian ini berjumlah 35 orang siswa serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket dan nilai PTS. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, koesioner/angket, teknik analisis data menggunakan regresi liner berganda dengan menggunakan program IBM SPSS 26.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan: (i) terdapat pengaruh dari disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa secara positif dan signifikan sebesar 32,3%, (ii) terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 56,6%, (iii) terdapat pengaruh disiplin belajar dan minat belajar sangat kuat terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,890 atau 89,0% sedangkan sisanya 11% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Saran dari penulis adalah sebagai berikut: sebagai akhir penelitian saran yang dapat diberikan bagi sekolah adalah memberikan aturan kedisiplinan untuk ditingkatkan dan memberikan contoh disiplin yang baik bagi siswa dengan mematuhi peraturan sekolah, agar siswa dapat mengikuti kedisiplinan yang baik pada pembelajaran di sekolah, bagi siswa diharapkan mampu menjaga dan meningkatkan disiplin belajar juga minat belajarnya untuk mendapatkan hasil belajar yang baik, dan bagi peneliti selanjutnya mempersiapkan segala bentuk hal untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik lagi. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:18
Last Modified: 10 Oct 2023 06:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67076

Actions (login required)

View Item View Item