ANALISIS INOVASI PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Literatur)

Fortuna Nurul Amalia Dwi, 175060149 (2023) ANALISIS INOVASI PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN_175060149_NURUL AMALIA DWI FORTUNA.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkesan.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (429kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui inovasi pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur atau penelitian kepustakaan dengan mengambil sumber bacaan dari data sekunder yang dikumpulkan melalui buku teks, jurnal ilmiah, e-book dan sumber-sumber lain yang relevan dengan masalah penelitian. Jenis penelitian ini dianalisis secara kualitatif dengan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring merupakan salah satu solusi agar proses pembelajaran tetap dilaksanakan selama masa pandemic Covid-19. Namun dalam pembelajaran ini memiki berbagai macam permasalahan yang dialami oleh berbagai pihak baik itu instansi pendidikan, pendidik (guru maupun dosen), peserta didik serta orang tua dari peserta didik. Permasalahan yang terdapat dari instansi pendidikan yaitu kurangnya ketersediaan infrastruktur teknologi komunikasi, multimedia, informasi dan sarana yang mendukung proses kegiatan belajar mengajar secara daring, dari pendidik berupa keterbatasan penggunaan IT serta sulitnya membentuk karakter kepribadian peserta didik dan mengaplikasikan media pembelajaran agar peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan, dari peserta didik yaitu sebagian besar peserta didik belum terbiasa dengan pembelajaran daring karena fasilitas internet yang terbatas, dari orangtua yaitu kurangnya ketersediaan waktu untuk mendampingi anaknya saat pembelajaran daring karena tidak semua orang tua bias membagi waktu antara pekerjaan dengan mendampingi anak di rumah. Kata kunci : Pembelajaran daring, Inovasi, Masa pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:09
Last Modified: 24 Oct 2023 04:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67075

Actions (login required)

View Item View Item