Fortuna Nurul Amalia Dwi, 175060149 (2023) ANALISIS INOVASI PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN_175060149_NURUL AMALIA DWI FORTUNA.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGUJI.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
Ringkesan.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (372kB) | Preview |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (429kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui inovasi pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur atau penelitian kepustakaan dengan mengambil sumber bacaan dari data sekunder yang dikumpulkan melalui buku teks, jurnal ilmiah, e-book dan sumber-sumber lain yang relevan dengan masalah penelitian. Jenis penelitian ini dianalisis secara kualitatif dengan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring merupakan salah satu solusi agar proses pembelajaran tetap dilaksanakan selama masa pandemic Covid-19. Namun dalam pembelajaran ini memiki berbagai macam permasalahan yang dialami oleh berbagai pihak baik itu instansi pendidikan, pendidik (guru maupun dosen), peserta didik serta orang tua dari peserta didik. Permasalahan yang terdapat dari instansi pendidikan yaitu kurangnya ketersediaan infrastruktur teknologi komunikasi, multimedia, informasi dan sarana yang mendukung proses kegiatan belajar mengajar secara daring, dari pendidik berupa keterbatasan penggunaan IT serta sulitnya membentuk karakter kepribadian peserta didik dan mengaplikasikan media pembelajaran agar peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan, dari peserta didik yaitu sebagian besar peserta didik belum terbiasa dengan pembelajaran daring karena fasilitas internet yang terbatas, dari orangtua yaitu kurangnya ketersediaan waktu untuk mendampingi anaknya saat pembelajaran daring karena tidak semua orang tua bias membagi waktu antara pekerjaan dengan mendampingi anak di rumah. Kata kunci : Pembelajaran daring, Inovasi, Masa pandemi Covid-19
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 06:09 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 04:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67075 |
Actions (login required)
View Item |