ACARA “SEDEKAH BUMI” SEBAGAI ALAT PROMOSI PARIWISATA (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Strategi Promosi Acara “Sedekah Bumi” oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat)

Ingawita, Novika (2023) ACARA “SEDEKAH BUMI” SEBAGAI ALAT PROMOSI PARIWISATA (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Strategi Promosi Acara “Sedekah Bumi” oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul “Acara Sedekah Bumi Sebagai Alat Promosi Pariwisata” memfokuskan penelitian kepada bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa wisata Cibuntu dalam mempromosikan acara Sedekah Bumi. Sedekah Bumi adalah sebuah upacara adat yang dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat desa Cibuntu atas hasil panen yang didapat. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi untuk menginformasikan, membujuk, mengingatkan kembali para wisatawan mengenai acara Sedekah Bumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan menggunakan teori Komunikasi pemasaran Kotler dan Keller yang didukung oleh toeri hierarki efek yang menyatakan tentang bagaimana iklan dapat memperngaruhi manusia mengenai suatu produk. Peneliti memperoleh data penelitian melalui studi dokumentasi, wawancara mendalam dan juga obsevasi. Adapun rancangan analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa word of mouth mempunyai peran yang penting dalam penyebaran infromasi tentang Sedekah Bumi dan juga membujuk wisatawan untuk datang ke acara Sedekah Bumi. Selain itu strategi lainnya adalah dengen melakukan promosi penjualan, seperti discount atau juga paket wisata. Sedangkan untuk strategi mengingatkan, pihak Podarwis terus memelihara komunikasi dengan para wisatawan dan juga mengirimkan undangan kepada para wisatawan, kegiatan ini termasuk ke dalam direct marketing. Kata kunci : Promosi, Sedekah Bumi, Desa Wisata

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:39
Last Modified: 10 Oct 2023 04:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67073

Actions (login required)

View Item View Item