PENERAPAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP

Putri Yustina, 195050063 (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (259kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Lingkup pembelajaran matematika saat ini membutuhkan keahlian dalam berpikir kritis matematis, sehingga siswa harus memiliki kemampuan kognitif tersebut. Model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) yang menggunakan GeoGebra dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri (self-confidence). Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (2) Untuk mengetahui apakah kepercayaan diri (self-confidence) siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori; (3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif yang terjadi antara kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri (self-confidence) bagi siswa yang mendapatkan model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) berbantuan GeoGebra. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment yang dilakukan di SMPN 43 Kota Bandung dengan bentuk nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan populasi siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang mendapat model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol yang mendapat model pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (2) Kepercayaan diri (self-confidence) siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori; (3) Terdapat korelasi positif yang terjadi antara kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri (selfconfidence) bagi siswa yang mendapatkan model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) berbantuan GeoGebra. Kata Kunci: Model Project-based learning, GeoGebra, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self-Confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:27
Last Modified: 10 Oct 2023 06:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67062

Actions (login required)

View Item View Item