Putri Yustina, 195050063 (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (477kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (815kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (259kB) | Preview |
Abstract
Lingkup pembelajaran matematika saat ini membutuhkan keahlian dalam berpikir kritis matematis, sehingga siswa harus memiliki kemampuan kognitif tersebut. Model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) yang menggunakan GeoGebra dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri (self-confidence). Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (2) Untuk mengetahui apakah kepercayaan diri (self-confidence) siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori; (3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif yang terjadi antara kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri (self-confidence) bagi siswa yang mendapatkan model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) berbantuan GeoGebra. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment yang dilakukan di SMPN 43 Kota Bandung dengan bentuk nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan populasi siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang mendapat model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol yang mendapat model pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (2) Kepercayaan diri (self-confidence) siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori; (3) Terdapat korelasi positif yang terjadi antara kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri (selfconfidence) bagi siswa yang mendapatkan model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) berbantuan GeoGebra. Kata Kunci: Model Project-based learning, GeoGebra, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self-Confidence.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 03:27 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 06:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67062 |
Actions (login required)
View Item |